Hasil
belajar adalah pola- pola perbuatan, nilai- nilai, pengertian- pengertian,
sikap- sikap apresiasi dan keterampilan. Hasil
belajar mencakup kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Domain kognitif
adalah knowledge (pengetahuan,
ingatan) comperhension (pemahaman, menjelasakan, meringkas, meringkas,
contoh), application (menerapkan), analysis (menguraikan, menentukan
hubungan), synthesis
(mengorganisasiakan, merencanakan, membentuk bangunan baru) dan evaluation (menilai).
Domain afektif adalah receiving (sikap menerima), responding (memberikan respon), valuing
(nilai), organization (Organisasasi), characterization (karakterisasi). Domain
psikomotor meliputi initiatory,
pre-routine, dan rountinized. Psikomotor
juga mencakup kerampilan produktif, teknik, fisik, social, manajerial, dan
intelektual.( Bloom dalam Suprijono,2009: 6-7) Sementera
menurut Lindgren (dalam Suprijono, 2009: 7) hasil pembelajaran meliputi
kecakapan, informasi, pengertian dan sikap.
Menurut
Dimyati dan Mudjiono (Malino,2012), hasil
belajar merupakan hal yang dapat dipandang dari dua sisi yaitu sisi siswa
dan dari sisi guru. Dari sisi siswa, hasil belajar merupakan tingkat
perkembangan mental yang lebih baik bila dibandingkan pada saat sebelum
belajar. Tingkat perkembangan mental tersebut terwujud pada
jenis-jenis ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Sedangkan dari sisi
guru, hasil belajar merupakan saat terselesikannya bahan pelajaran.
Menurut
Hamalik (Malino,2012), hasil belajar adalah bila seseorang
telah belajar akan terjadi perubahan tingkah laku pada orang tersebut, misalnya
dari tidak tahu menjadi tahu, dan dari tidak mengerti menjadi mengerti.
Berdasarkan teori Taksonomi Bloom hasil belajar dalam
rangka studi dicapai melalui tiga kategori ranah, dua diantaranya adalah
kognitif, dan afektif. Perinciannya adalah sebagai berikut :
1. Ranah Kognitif berkenaan
dengan hasil belajar intelektual yang terdiri dari 6 aspek yaitu
pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan penilaian
2. Ranah Afektif berkenaan dengan sikap
dan nilai. Ranah afektif meliputi lima jenjang kemampuan yaitu menerima,
menjawab atau reaksi, menilai, organisasi dan karakterisasi dengan suatu nilai
atau kompleks nilai.
Yang
harus diingat, hasil pembelajaran adalah perubahan perilaku serta keseluruhan
bukan hanya salah satu aspek potensi kemanusiaan saja. Artinya, hasil
pembelajaran yang dikategorikan oleh para pakar pendidikan sebagaimana tersebut
diatas tidak terlihat secara terpisah melainkan komprehensif.
Sumber :
Malino. J.(2012).Definisi
atau Pengertian Hasil Belajar Menurut Ahli.[Online] tersedia di http://juprimalino.blogspot.com/2012/02/definisipengertian-hasil-belajar.html
[3 Januari 2012]
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori & Aplikasi
PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
No comments:
Post a Comment