Thursday 11 April 2013

PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD


Kata matematika berasal dari perkataan Latin mathematika yang mulanya diambil dariperkataan Yunani mathematike yang berarti mempelajari. Perkataan itu mempunyai asal katanya mathema yang berarti pengetahuan atau ilmu (knowledge, science). Kata mathematike berhubungan pula dengan kata lainnya yang hampir sama, yaitu mathein atau mathenein yang artinya belajar (berpikir). Jadi, berdasarkan asal katanya, maka perkataan matematika berarti ilmu pengetahuan yang didapat dengan berpikir (bernalar). Matematika lebih menekankan kegiatan dalam dunia rasio (penalaran), bukan menekankan dari hasil eksperimen atau hasil observasi matematika terbentuk karena pikiran-pikiran manusia, yang berhubungan dengan idea, proses, dan penalaran (Russeffendi ET, 1980 :148 dalam Suwangsih, 2012:1).
Anak usia SD adalah anak yang berada pada usia sekitar 7 sampai 12 tahun. Menurut Piaget anak usia sekitar ini masih berpikir pada tahap operasi konkrit artinya siswa siswa SD belum berpikir formal. Ciri-ciri anak-anak pada tahap ini dapat memahami operasi logis dengan bantuan benda-benda konkrit, belum dapat berpikir deduktif, berpikir secara transitif. Contoh : 2 + 2 = 4, 4 + 2 = 6, 6 + 2 = 8, 10 + 2 = 12. Proses ini sudah dapat dipahami oleh siswa Sebagaimana kita ketahui, matematika adalah ilmu deduktif, formal, hierarki dan menggunakan bahasa simbol yang memiliki arti yang padat. Karena adanya perbedaan karakteristik antara matematika dan anak usia SD, maka matematika akan sulit dipahami oleh anak SD jika diajarkan tanpa memperhatikan tahap berpkir anak SD. Seorang guru hendaknya mempunyai kemampuan untuk menghubungkan antara dunia anak yang belum dapat berpikir secara deduktif agar dapat mengerti matematika yang bersifat deduktif (Suwangsih, 2012: 15-16)

Sumber : 
Suwangsih, E. (2007).”Penerapan Pemecahan Masalah Matematika di SD Melalui Pembelajaran Kooperatif “.Metode DIDAKTIK Jurnal pendidikan ke-SD-an.2,(1),31-48.
Suwangsih, E. (2012).Model Pembelajaran Matematika.“.[Online] tersedia di http://file.upi.edu/browse.php?dir=Direktori/DUAL-MODES/MODEL_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA/ [3 Januari 2012]


No comments: