Thursday 11 April 2013

HASIL BELAJAR


Hasil belajar adalah pola- pola perbuatan, nilai- nilai, pengertian- pengertian, sikap- sikap apresiasi dan keterampilan.   Hasil belajar mencakup kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Domain kognitif adalah knowledge (pengetahuan, ingatan)  comperhension (pemahaman, menjelasakan, meringkas, meringkas, contoh), application (menerapkan), analysis (menguraikan, menentukan hubungan), synthesis (mengorganisasiakan, merencanakan, membentuk bangunan baru) dan evaluation (menilai).         
Domain afektif adalah receiving (sikap menerima), responding (memberikan respon),  valuing (nilai),  organization (Organisasasi), characterization (karakterisasi). Domain psikomotor meliputi initiatory, pre-routine, dan rountinized. Psikomotor juga mencakup kerampilan produktif, teknik, fisik, social, manajerial, dan intelektual.( Bloom dalam Suprijono,2009: 6-7) Sementera menurut Lindgren (dalam Suprijono, 2009: 7) hasil pembelajaran meliputi kecakapan, informasi, pengertian dan sikap.
            Menurut Dimyati dan Mudjiono (Malino,2012), hasil belajar merupakan hal yang dapat dipandang dari dua sisi yaitu sisi siswa dan dari sisi guru. Dari sisi siswa, hasil belajar merupakan tingkat perkembangan mental yang lebih baik bila dibandingkan pada saat sebelum belajar. Tingkat perkembangan mental tersebut terwujud pada jenis-jenis ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Sedangkan dari sisi guru, hasil belajar merupakan saat terselesikannya bahan pelajaran.
            Menurut Hamalik (Malino,2012), hasil belajar adalah bila seseorang telah belajar akan terjadi perubahan tingkah laku pada orang tersebut, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu, dan dari tidak mengerti menjadi mengerti. Berdasarkan teori Taksonomi Bloom hasil belajar dalam rangka studi dicapai melalui tiga kategori ranah, dua diantaranya adalah kognitif, dan afektif. Perinciannya adalah sebagai berikut :
1. Ranah Kognitif berkenaan dengan hasil belajar intelektual yang terdiri dari 6 aspek yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan penilaian
2. Ranah Afektif berkenaan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif meliputi lima jenjang kemampuan yaitu menerima, menjawab atau reaksi, menilai, organisasi dan karakterisasi dengan suatu nilai atau kompleks nilai.
            Yang harus diingat, hasil pembelajaran adalah perubahan perilaku serta keseluruhan bukan hanya salah satu aspek potensi kemanusiaan saja. Artinya, hasil pembelajaran yang dikategorikan oleh para pakar pendidikan sebagaimana tersebut diatas tidak terlihat secara terpisah melainkan komprehensif.

Sumber :
Malino. J.(2012).Definisi atau Pengertian Hasil Belajar Menurut Ahli.[Online] tersedia di http://juprimalino.blogspot.com/2012/02/definisipengertian-hasil-belajar.html [3 Januari 2012]

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

No comments: